Pernahkah saat sedang bekerja bagian pundak terasa mati rasa ataupun kaku secara tiba – tiba? Kondisi tersebut tentu dapat menghambat aktivitas, baik itu menggerakan tangan maupun mengangkat suatu benda tertentu. Saat kondisi ini pernah dialami, maka jangan sesekali menyepelekan tanda serta gejalanya.

Umumnya, bahu yang terasa kaku ditandai dengan munculnya sejumlah masalah pada saraf bagian bahu. Untuk saraf yang terganggu pada saat mengirimkan sinyal ke seluruh bagian tubuh dan juga otak maka akan memicu munculnya sensasi nyeri. Ketika saraf bahu mengalami masalah, sensasi yang timbul dapat menjalar ke bagian leher, punggung, tulang selangka, lengan hingga ke bagian ujung jari.

Tidak hanya mati rasa yang akan muncul, gejala lainnya yang mungkin dapat terjadi yakni bengkak, memar, pundak terasa lemah serta berat, nyeri, terasa dingin atau hangat saat disentuh, dan juga kesemutan. Jika hal tersebut dibiarkan maka dapat bertambah buruk, menyebabkan kerusakan pada saraf atau sendi serta gejala yang cukup bervariasi.

Berikut beberapa penyebab pundak terasa berat, kaku maupun mati rasa, diantaranya

• Cedera Rotator Cuff

Rotator cuff merupakan cincin tendon yang terletak pada bagian sendi bahu. Nantinya cincin tersebut bekerja seperti karet gelang yang berperan dalam menahan tulang lengan atas di area soket bahu. Umumnya cedera rotator cuff dapat terjadi karena terlalu sering melakukan gerakan yang sama berulang kali saat bekerja ataupun olahraga dengan mengangkat beban diatas kepala.

• Peradangan di Bagian Sendi

Untuk peradangan ini dapat terjadi dimana saja di seluruh bagian tubuh, terutama pada area sendi. Peradangan di bagian bahu dapat disebabkan oleh rematik ( rheumatoid arthritis ). Sementara, peradangan yang muncul di sekitaran tulang rawan ( kartilago ) dikenal sebagai osteoarthritis. Kedua kondisi tersebut dapat disebabkan oleh infeksi, penuaan tulang ataupun kesalah sistem imun. Jika perawatan tidak dilakukan dengan benar maka tidak hanya sendi namun saraf meradang yang berada disekitarnya juga akan rusak.

• Saraf Kejepit

Umumnya saraf kejepit dapat menyebabkan munculnya kesemutan, nyeri, lemah ataupun mati rasa pada bagian tubuh tertentu. Saat bahu seseorang mengalami sensasi tersebut, maka kemungkinan besar saraf di area tulang belakang mengalami masalah. Hal ini karena, saraf tersebut terlalu banyak mendapatkan tekanan sehingga kinerjanya menjadi terganggu. Untuk kondisi ini sering dikenal dengan radiculopathy services.