Penyakit asam urat merupakan radang sendi ( arthritis ) yang umumnya terjadi di bagian lutut, jempol kaki, telapak kaki, siku ataupun pergelangan tangan. Obat – obatan termasuk salah satu hal yang dibutuhkan oleh mereka yang mengalami penyakit asam urat ini.

Salah satu penyebab munculnya asam urat yakni tingginya kadar asam urat pada tubuh. Untuk kadar asam urat yang tinggi bisa mengkristal serta menumpuk di bagian persendian sehingga memicu munculnya bengkak, rasa nyeri serta sejumlah gejala lainnya yang cukup mengganggu.Umumnya gejala asam urat terjadi secara mendadak yang kemudian serangan tersebut reda dalam beberapa waktu dan kembali kambuh pada saat masanya datang, terutama ketika kadar asam urat dalam tubuh tidak terkontrol.

Oleh sebab itu, pengobatan asam urat ini biasanya diberikan dalam bentuk dua bagian, yakni mengobati serangan asam urat yang terjadi secara mendadak dan mencegah terjadinya kembali serangan di waktu berikutnya. Dengan melakukan hal yang disebutkan diatas, maka penyakit tersebut dapat dikontrol dan terhindar dari komplikasi maupun asam urat kronis yang sangat mengganggu kesehatan.

Berikut beberapa jenis obat – obatan yang dipercaya sangat ampuh dalam mengobati gejala ataupun menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, antara lain

• Colchicine

Colchicine termasuk salah satu jenis obat yang bisa membantu dalam meredakan rasa nyeri sendi dengan sistem kerjanya mengurangi peradangan yang disebabkan oleh pembentukan kristal urat. Umumnya obat ini dipakai pada dua kondisi.

Kondisi pertama yakni, colchicine diminum dengan dosis rendah serta jangka panjang setelah terjadinya serangan asam urat. Obat ini dikonsumsi untuk mencegah munculnya kembali serangan asam urat dikemudian hari. Sementara, kondisi yang kedua yakni diminum dengan dosis tinggi yang dibarengi dengan NSAID saat terjadinya asam urat. Obat ini diharuskan untuk diminum ketika datangnya serangan asam urat agar dapat membantu dalam meredakan gejalanya.

• NSAID ( Obat Antiinflamasi Nonsteroid )

Selain digunakan untuk osteoarthritis, jenis obat ini juga biasanya dipakai dalam mengatasi serangan asam urat, baik mengurangi peradangan maupun meredakan rasa nyeri dibagian sendi. Untuk obat ini bisa mempersingkat waktu saat munculnya serangan, terutama, ketika dikonsumsi dalam waktu 24 jam pertama saat terjadinya serangan. Oleh sebab itu, Obat antiinflamasi nonsteroid ( NSAID ) harus segera diminum saat mereka merasakan munculnya gejala tersebut.