Anda yang memiliki riwayat penyakit diabetes sangat perlu memperhatikan sejumlah asupan makanan sehari – hari. Ketikan makanan yang dikonsumsi tidak dijaga maka tidak menutup kemungkinan dapat memperparah penyakit diabetesnya. Kunci utama dalam menjaga agar kadar gula darah tetap stabil yakni pilihlah sejumlah makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes.

Makanan yang kaya akan glukosa nantinya akan diubah oleh tubuh sebagai sumber energi. Umumnya, makanan dan juga minuman yang dikonsumsi dapat mempengaruhi kadar gula darah pada tubuh. Untuk penderita diabetes, tentu sangat diperlukan dalam memperhatikan makanan yang dikonsumsi guna menjaga kadar gula darah tetap stabil.

Tidak hanya menghindari pantangan sejumlah makanan yang tinggi gula, namun juga diperlukan untuk mengetahui makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Biasanya, makanan yang kaya akan indeks glikemik rendah merupakan salah satu makanan yang dianjurkan untuk diabetes.

IG ( Indeks Glikemik ) merupakan suatu ukuran yang berfungsi sebagai penunjuk seberapa cepat makanan tersebut dapat membuat kadar gula darah dalam tubuh menjadi naik. Umumnya, makanan yang mengandung indeks glikemik rendah memerlukan waktu yang cukup lama untuk diolah menjadi glukosa pada tubuh.

Berikut merupakan daftar makanan dan minuman yang aman dikonsumsi untuk penderita diabetes, antara lain

• Ubi Jalar

Tidak hanya mengenyangkan, ubi jalar juga dapat menjadi salah satu makanan yang dapat memberikan sejumlah manfaat baik dalam mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh untuk penderita diabetes. Ubi jalar termasuk makanan yang mengandung indeks glikemik lebih rendah ketimbang kentang. Dalam satu porsi ubi jalar rebus nilai glikemiknya yakni 44, sedangkan kentang rebus yakni 80. Selain itu, kandungan berupa vitamin C, vitamin A, kalsium dan juga serat pada makanan juga sangat baik bagi para penderita diabetes.


• Air Putih

Naiknya kadar gula darah dalam tubuh dapat menyebabkan dehidrasi. Inilah sebabnya mengapa penderita diabetes diperlukan untuk mengonsumsi air putih setidaknya 8 sampai 10 gelas setiap harinya dalam memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh.

• Susu Rendah Lemak

Kandungan berupa zat mineral pada susu memang sangat penting bagi tubuh, namun susu tetap terstruktur atas karbohidrat yang dapat mempengaruhi kadar gula darah dalam tubuh. Usahakan untuk memilih susu rendah lemak, susu tanpa pemanis ataupun susu skim bagi para penderita diabetes. Walaupun diperbolehkan minum susu, anda juga diperlukan untuk membatasinya 1 sampai 2 gelas setiap harinya.