Mata kering termasuk salah satu kondisi yang sangat umum. Hal tersebut terjadi saat kelenjar air mata tidak sanggup memproduksi air mata dengan cukup dalam melumasi mata. Unsur medis maupun lingkungan termasuk salah satu kondisi yang membuat mata menjadi kering.

Umumnya saat seseorang mengalami mata kering, mereka akan merasakan ketidaknyamanan serta sakit di bagian mata. Terdapat beberapa pilihan pengobatan mata kering yang dapat membantu dalam meredakan gejala serta membuat mata menjadi lebih baik.

Berikut merupakan langkah – langkah dalam mengatasi mata kering, antara lain

• Konsumsi Makanan Dengan Tinggi Asam Lemak

Untuk asam lemak omega 3 telah terbukti bisa membantu dalam mengurangi mata kering dengan sistem kerjanya mengurangi peradangan yang terjadi pada tubuh, terutama peradangan di bagian mata. Anda bisa mencoba mengonsumsi sejumlah makanan dengan tinggi nutrisi untuk meredakan kondisi mata kering yang dialami.

• Menggunakan Obat

> Obat Untuk Pengobatan Peradangan Pada Kelopak Mata
Munculnya peradangan pada kelopak mata biasanya bisa membuat kelenjar minyak menjadi mengeluarkan minyak ke dalam mata. Saat hal tersebut terjadi, dokter akan memberikan resep berupa antibiotik untuk menghentikan peradangannya.

> Salep dan Tetes Mata Buatan
Cara ini banyak digunakan dalam mengobati mata kering. Untuk jenis obat ini bisa dijumpai di apotek tanpa harus menggunakan resep dokter. Obat – obatan tersebut nantinya bisa membantu dalam meredakan gejalanya yang hanya bersifat sementara.

> Obat Tetes Mata Untuk Peradangan Kornea
Jenis obat ini termasuk salah satu obat tetes mata yang memiliki kandungan berupa obat penekan imun siklosporin serta kortikosteroid. Nantinya obat ini bisa membantu dalam mengatasi peradangan yang terjadi pada bagian permukaan mata serta mata kering. Perlu diketahui, bahwa kortikosteroid tidak untuk digunakan dalam jangka waktu lama karena memiliki efek samping yang dapat membahayakan tubuh.

> Obat Stimulan
Obat ini termasuk ke dalam jenis kolinergik yang bisa membantu kelenjar untuk memperoleh air mata dengan jumlah yang lebih banyak.

• Menghindari Pemicu Mata Kering

Lingkungan termasuk salah satu faktor yang paling utama sebagai penyebab mata kering. Oleh karena itu, usahakan selalu memilih tempat yang baik untuk bekerja, tempat tinggal ataupun menghindari asap rokok guna menurunkan risiko terjadinya mata kering ataupun mencegah kondisi mata kering semakin parah.