Glaukoma termasuk salah satu jenis penyakit yang dapat disebabkan oleh adanya kerusakan di bagian saraf mata. Hal ini tentu dapat memicu munculnya gangguan penglihatan, bahkan tidak menutup kemungkinan bisa mengakibatkan komplikasi glaukoma, seperti kebutaan permanen saat tidak segera ditangani. Selain dengan menggunakan obat – obatan yang diminum dan obat tetes mata, mereka juga bisa mengandalkan sejumlah obat – obatan herbal tradisional yang dapat membantu dalam mengatasi gejala glaukoma.

Berikut merupakan beberapa bahan alami yang bisa digunakan dalam mengatasi gejala glaukoma, diantaranya

• Perbanyak Konsumsi Asupan Omega 3

Lemak tidak melulu buruk bagi tubuh, salah satu contohnya yakni asam lemak omega 3 yang terbukti baik bagi kesehatan tubuh. Dengan rutin mengonsumsi sejumlah makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 bisa menjadi pilihan yang tepat dalam mengobati glaukoma. Terlebih, hal tersebut juga didukung oleh sejumlah penelitian yang dilansir melalui Translational Vision Science and Technology.

Dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa asam lemak omega 3 bisa membantu dalam menurunkan tekanan pada bola mata terhadap mereka yang menderita gejala glaukoma dini. Tidak hanya itu, penelitian lain juga melaporkan bahwa asam lemak omega-3 bisa melindungi mata dari risiko sindrom mata kering serta degenerasi makula.

Asam lemak omega 3 bisa dijumpai pada ikan berlemak ( ikan salmon, tuna, sarden dan cod ) serta makanan laut lainnya, seperti kepiting, udang dan juga kerang.

• Konsumsi Buah Bilberry

Bilberry merupakan buah yang sudah sejak lama digunakan sebagai salah satu pengobatan alami. Bahkan, terdapat sejumlah studi yang melakukan sebuah pengujian terhadap efek buah ini untuk dijadikan sebagai obat herbal bagi penderita glaukoma.

• Konsumsi Makanan Dengan Tinggi Astaxanthin

Astaxanthin termasuk salah satu jenis karotenoid yang kaya akan antioksidan. Untuk antioksidan tersebut berperan penting dalam membantu melawan sejumlah radikal bebas pemicu munculnya sejumlah masalah kesehatan, termasuk juga glaukoma.

Dilansir melalui Molecular Vision, mengungkapkan bahwa astaxanthin bisa membantu dalam menurunkan kerusakan pada retina yang diakibatkan oleh stres oksidatif, yakni terlalu banyaknya radikal bebas. Walaupun, hanya dilakukan uji coba terhadap tikus, namun hasil penelitian tersebut cukup bisa  diterima sebagai salah satu cara dalam mengatasi glaukoma.