Belajar Bersyukur Dengan Apa Yang Ada Di Diri Anda Sekarang

Belajar Dan Memulai Mengintropeksi Diri Agar Lebih Mengenal Diri

Seperti yang kita ketahui, tua itu pasti tapi untuk menjadi dewasa itu adalah pilihan. Jadi untuk kalian yang sudah berusia di atas 21 tahun. Yang dimana usia 21 tahun adalah usia yang dikatakan sudah cakap dalam hukum, sudah bisa bertanggung jawab akan diri sendiri. Coba kalian lihat dan intropeksi diri, apakah kalian sudah dewasa? Atau hanya bertambah usia saja?

Intropeksi Diri

Kalian bisa mulai melihat, rewind lagi moment kalian yang dulu-dulu, dan kalian bandingkan dengan deiri anda yang sekarang, apakah ada perubahannya atau tidak? Apa saja yang sudah anda raih, anda dapatkan, anda kembangkan. Jika anda bingung ingin mulai dari mana, anda bisa mencoba dari 5 tahun yang lalu. Pada 5 tahun lalu anda seperti apa, apa yang anda harapkan pada saat itu. Dan anda bisa bandingkan dengan diri anda sekarang.

Apa ada perubahan? Dari pencapaian sampai dengan pola pikir anda. Apakan ada berubah? Semakin baik atau buruk? Dan dari semua yang anda lakukan dari 5 tahun lalu, dan dari goals yang sudah anda buat, dari 5 tahun sampai sekerang, detik ini, apa yang sudah anda raih? sudah berapa persen menuju ke goals mu? usaha apa yang sudah anda lakukan? Dan dari situ, anda bisa mendapatkan hasil dari pengembangan dirimu selama 5 tahun. Apapun hasilnya, apa pun perubahannya, apa pun pencapaianmu, ataupun kegagalanmu, banyak yang kehilangan, dan sebagainya.

Tetap syukuri akan hal itu. Jika sudah banyak yang tercapai bahkan melebihi target, ya bagus, syukuri, tapi jangan sampai lupa diri, jangan lupa berbagi pada yang membutuhkan. Dan bagi yang belum mencapai goals kalian, atau ada terjadi perubahan rencana sehingga anda harus memulai dari awal lagi, jangan bersedih. Anda sudah berusaha semaksimal anda.

Anda sudah ada usaha aja itu sudah baik, jangan bersedih. Dari situ anda bisa melihat apa yang menjadi kendala atau hambatan. Atau ada cara anda yang salah, anda bisa mencoba menganalisa lagi, jika sudah tau apa yang kurang, ya untuk selanjutnya lakukan dengan cara berbeda, dan buat lebih baik. Jadikan hal kemarin itu adalah pelajaran. Dan bangun dan bangkit lakukan yang terbaik.