Belajar Berserah Dan Tidak Mengontrol Semua Hal

Belajar Berserah Dan Tidak Mengontrol Semua Hal

Mengendalikan diri memang adalah salah satu hal yang sangat sulit di lakukan. Dan ini berlaku kepada semua orang. Karena terkadang kita sebagai manusia sudah menyusun semua hal menjadi sangat sempurna, tapi keadaan tidak mendukungnya. Dan mungkin itu adalah salah satu yang kita butuhkan. Karena Tuhan pasti akan memberikan apa yang kalian butuhkan bukan yang kalian inginkan. Saya sendiri masih berpegang pada ungkapan ini, saat semua terasa sangat runyam.

Manusia Tidak Bisa Mengontrol Semua Hal

Kita sebagai manusia hanya bisa berencana, dan membuat rencana. Dan sisanya untuk itu bisa terwujud akan dilihat lagi dari usaha kita dan apakah Tuhan mengizinkannya.Kadang ambisi yang terlalu besar membuat kita memaksakan diri untuk bisa mengontrol semua hal. Tapi ingat, kita adalah manusia, masih memiliki batas, limit, kapasitas. Yang dimana tidak semua hal bisa kita kontrol.

Jadi saat ada hal yang sudah melampau kapasitas kita, lepaskan, ikhlaskan. Berikan kepercayaan pada hal itu, sehingga biarkan dia bekerja sesuai apa yang harus terjadi. Berserah, dan ikhlas. Karena tidak semua hal dapat kita kontrol. Jadi saat anda merasa mulai kehilangan keseimbangan untuk mengontrol semuanya, tenangkan diri. Rehat sebentar, dan serahkan pada Tuhan, biarkan beberapa hal bekerja dengan sendirinya.

Apapun hasilnya, itulah yang kalian butuhkan. Mungkin apa yang kalian rencanakan yang begitu sempurna dan matang, bukanlah sesuatu yang kalian butuhkan. Hanya sebagai sesuatu yang kita inginkan. Jadi tidak apa jika semua rencana yang kita susun sejak awal dan pada akhirnya harus berakhir dengan hasil yang berbeda. Mungkin itu yang kita butuh.

Jangan bersedih, jangan ratapi hal itu. Anda bisa mencoba melihat sisi baiknya. Coba eksplore hasil itu, pasti ada sesuatu yang menarik dari hal itu. Dan mungkin anda akan merasa sangat bersyukur pada akhirnya karena menyadari bahwa oh ya, ini ya yang saya butuhkan. Sehingga akan ada rasa syukur yang berlimpah di diri anda. Dan anda akan merasakan tenang dan damai dalam hati.