Asma termasuk salah satu jenis penyakit yang berhubungan dengan sistem pernapasan. Walaupun begitu, bagi penderita asma juga diperlukan untuk berhati – hati dalam memilih sejumlah makanan yang baik dikonsumsi setiap harinya. Banyak yang tidak menyadari bahwa dalam memilih makanan juga berkaitan erat terhadap risiko kambuhnya asma. Saat salah memilih makanan maka tidak menutup kemungkinan gejala asma pun akan kambuh di kemudian hari.

Bagi penderita asma diperlukan untuk selalu menjaga pola makanan yang baik. Tidak hanya sebagai pengendali gejala asma saja, namun, pola makanan tersebut juga bisa membantu dalam menjaga berat badan agar tetap ideal. Beberapa kasus sebelumnya, penderita asma yang memiliki kelebihan berat badan serta obesitas biasanya akan lebih lambat merespon sejumlah pengobatan saat dirawat.

Dilansir melalui Annals of American Thoracic Society, mengungkapkan bahwa ketika seseorang berusaha dalam menurunkan setidaknya 15 persen dari total berat badan termasuk awal yang baik untuk memperoleh berat badan yang ideal.

Adapun beberapa jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang memiliki asma, diantaranya

• Apel

Terdapat begitu banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa apel bisa membantu dalam mencegah munculnya sejumlah penyakit. Bukti terbaru dari penelitian tersebut yakni buah apel ini bisa mengendalikan gejala asma serta meningkatkan sistem kerja organ paru.

Selain itu, sebuah studi di Inggris juga mengatakan, seseorang yang menderita asma dengan makan apel setiap harinya bisa menurunkan risiko munculnya serangan asma dibandingkan dengan mereka yang sama sekali tidak makan apel.

• Bayam

Berbagai jenis sayuran hijau, seperti bayam juga termasuk ke dalam daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh mereka yang menderita asma. Hal tersebut karena kandungan berupa vitamin B9 ( folat ) pada bayam yang bisa membantu dalam mengendalikan asma.


Menurut Annal of American Thoracic Society, juga dijumpai hal yang serupa. Dalam penelitian tersebut diungkapkan bahwa seseorang yang mengalami kekurangan asupan berupa vitamin D serta folat berisiko lebih besar terkena penyakit asma.

• Asam Lemak Omega-3

Tidak semua jenis lemak itu buruk,ketika cermat dalam memilih sejumlah jenis makanannya, lemak tersebut mungkin akan membawa sejumlah manfaat baik untuk kesehatan.

Dilansir melalui Allergology International, berbagai lemak yang diperoleh dari asam lemak omega-3 serta tumbuhan bisa membantu dalam menurunkan peradangan yang terjadi pada saluran pernapasan terhadap penderita asma. Biji chia, minyak zaitun, walnut, biji rami serta ikan salmon termasuk lemak sehat yang baik dikonsumsi oleh penderita asma.